Nama-nama Malaikat serta Tugasnya dalam Al-Quran

Nama-nama Malaikat serta Tugasnya yang dinyatakan dalam Al-Quran

Jumlah malaikat tidak dapat diketahui secara pasti karena sangat banyak dan hanya Allah yang mengetahui jumlah mereka (At-Tuwaijiri, 2009: 137). Sebagian ulama mengatakan malaikat yang wajib diketahui dengan jelas jumlahnya ada 10 dan mempunyai tugas berbeda-beda.

1. Malaikat Jibril/Ruhul Amin/Ruhul Qudus, yang Memimpin para Malaikat di Langit

Tugas Malaikat Jibril adalah sebagai pembawa wahyu kepada para nabi dan rasul. Tugas Malaikat Jibril dijelaskan dalam Al-Qur’an berikut ini.

 وَإِنَّهُۥ لَتَنزِيلُ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ ١٩٢ نَزَلَ بِهِ ٱلرُّوحُ ٱلۡأَمِينُ ١٩٣ 

Artinya: Dan sungguh (Al-Qur’an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam, yang dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril). (QS. asy-Syuara: 192-193)

2. Malaikat Mikail

Bertugas sebagai pemberi rezeki dari Allah SWT. kepada semua makhluk Allah, mengatur hujan, angin, dan tanaman.

3. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memiliki tugas mengurus pencabutan nyawa seluruh makhluk hidup pada waktu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

وَهُوَ ٱلۡقَاهِرُ فَوۡقَ عِبَادِهِۦۖ وَيُرۡسِلُ عَلَيۡكُمۡ حَفَظَةً حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءَ أَحَدَكُمُ ٱلۡمَوۡتُ تَوَفَّتۡهُ رُسُلُنَا وَهُمۡ لَا يُفَرِّطُونَ

Artinya: “Dan Dialah penguasa mutlak atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, malaikat-malaikat Kami mencabut nyawanya, dan tidak melalaikan tugasnya.” (QS. al-An’am: 61)

4. Malaikat Rakib dan Atid

Malaikat Rakib bertugas untuk mencatat seluruh perbuatan baik manusia, sedangkan Malaikat Atid bertugas untuk mencatat perbuatan buruk yang dilakukan manusia. Firman Allah SWT:

 مَّا يَلۡفِظُ مِن قَوۡلٍ إِلَّا لَدَيۡهِ رَقِيبٌ عَتِيدٞ

Artinya: Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap mencatat (QS. Qaf : 18)

5. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas meniup sangkakala pada hari kiamat.

فَإِذَا نُفِخَ فِي ٱلصُّورِ نَفۡخَةٞ وَٰحِدَةٞ ١٣  وَحُمِلَتِ ٱلۡأَرۡضُ وَٱلۡجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةٗ وَٰحِدَةٗ ١٤ فَيَوۡمَئِذٖ وَقَعَتِ ٱلۡوَاقِعَةُ 

Artinya: Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat. (QS. al-Haqqah: 13-15)

6. Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyai manusia di alam kubur. Persoalan pokok yang ditanyakan yaitu tentang Tuhan, agama, rasul/nabi, kitab, kiblat, dan ibadah, teman seakidah/seagama selama hidup di dunia.

7. Malaikat Malik atau Zabaniyah

Malaikat Malik bertugas menjaga neraka dan memimpin para malaikat menyiksa penghuni neraka.

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ بِ‍َٔايَٰتِنَا سَوۡفَ نُصۡلِيهِمۡ نَارٗا كُلَّمَا نَضِجَتۡ جُلُودُهُم بَدَّلۡنَٰهُمۡ جُلُودًا غَيۡرَهَا لِيَذُوقُواْ ٱلۡعَذَابَۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمٗا 

Artinya: Sungguh orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. (QS. an-Nisa: 56)

8. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga surga dan memimpin para malaikat melayani penghuni surga.

مَّثَلُ ٱلۡجَنَّةِ ٱلَّتِي وُعِدَ ٱلۡمُتَّقُونَۖ فِيهَآ أَنۡهَٰرٞ مِّن مَّآءٍ غَيۡرِ ءَاسِنٖ وَأَنۡهَٰرٞ مِّن لَّبَنٖ لَّمۡ يَتَغَيَّرۡ طَعۡمُهُۥ وَأَنۡهَٰرٞ مِّنۡ خَمۡرٖ لَّذَّةٖ لِّلشَّٰرِبِينَ وَأَنۡهَٰرٞ مِّنۡ عَسَلٖ مُّصَفّٗىۖ وَلَهُمۡ فِيهَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ وَمَغۡفِرَةٞ مِّن رَّبِّهِمۡۖ كَمَنۡ هُوَ خَٰلِدٞ فِي ٱلنَّارِ وَسُقُواْ مَآءً حَمِيمٗا فَقَطَّعَ أَمۡعَآءَهُمۡ

Artinya: Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai- sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong? (QS. Muhammad: 15)

Demikianlah postingan tentang Nama-nama Malaikat serta Tugasnya yang dinyatakan dalam Al-Quran, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayat-ayat Al-Quran tentang Berpakaian dan Kewajiban Menutup Aurat

Menuntut Ilmu dan Hikmahnya dalam Islam

Meneladani Rasulullah dalam Etos Kerja (Bekerja Keras, Ulet, Tekun, dan Teliti)